Press "Enter" to skip to content

Siap Pemilu 2024 Polres 50 Kota Laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral”Operasi Mantap Brata 2023-2024”

Siap Pemilu 2024 Polres 50 Kota Laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral”Operasi Mantap Brata 2023-2024”

Siap Pemilu 2024 Polres 50 Kota Laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral”Operasi Mantap Brata 2023-2024”

50 Kota– Menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2024, Polres 50 Kota menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama Pemkab Lima Puluh Kota, unsur Forkopimda, Parpol, dan tokoh masyarakat, Rabu, (11/10/2023).

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di Aula Satya Haprabu Polres 50 Kota tersebut, dipimpin oleh Kapolres 50 Kota Akbp Ricardo Condrat Yusuf,S.H.,S.I.K.,M.H.
Rakor tersebut turut dihadiri Bupati Lima Puluh Kota Dt.Safaruddin, Ketua Dprd Deni Asra, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Payakumbuh.

Diketahui bersama, pada tahun 2024 nanti Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu serentak, dimana saat ini sudah berada dalam tahapan pemilu dan segera akan memasuki tahapan inti, meliputi pendaftaran dan penetapan calon presiden, wakil presiden, calon legislatif, dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Akbp Condrat dalam sambutannya mengatakan, dalam rapat koordinasi lintas sektoral ini akan membahas persiapan pelaksanaan Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu 2024.
“Polri sebagai pemelihara kamtibmas memerlukan dukungan semua pihak untuk menciptakan rasa aman, mengatasi potensi kerawanan, dan memastikan pemilu berkualitas,” kata Condrat.
Ia menjelaskan, langkah-langkah yang perlu diambil adalah menjalin kerjasama erat dengan seluruh instansi pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu sehingga dengan komitmen bersama, kita semua dapat menjalankan tugas pokok, fungsi dan peranan secara lebih efektif untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan damai.

“Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama pemilu dan menciptakan Pemilu yang jujur dan adil, Polri melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Mantap Brata” dan akan dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dengan sasaran mengamankan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu mulai Partai Politik (Parpol), calon individu, hingga kegiatan masyarakat,” jelas Condrat.
Ia menambahkan, operasi kepolisian tersebut akan dilaksanakan selama 222 hari terhitung mulai 19 Oktober 2023.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin mengatakan, kehadiran berbagai instansi dan sejumlah tokoh masyarakat Lima Puluh Kota menunjukkan komitmen bersama dalam mewujudkan ‘Pemilu Badunsanak’ di wilayah hukum Polres 50 Kota. Ia menilai, Pemilu damai wajib diwujudkan dengan saling menghargai dan menghormati pilihan masing-masing.
“Kita mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkomitmen bersama untuk mendukung dan menjaga tahapan pemilu dan Pilkada 2024.”
“Kegiatan ini diharapkan pula menjadi langkah awal yang baik untuk mewujudkan Pemilu demokratis untuk mencapai tujuan pembangunan dan harus dipastikan berlangsung jujur dan adil,” ucapnya.
Di Lima Puluh Kota terdapat 1.261 TPS dengan rincian di wilayah hukum Polres Lima Puluh Kota sebanyak 756 TPS dan wilayah hukum Polres payakumbuh sebanyak 505 TPS, sedangkan jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 292.105, tambah Safaruddin.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.